Tips mengatasi perut mual saat haid


Perut mual ketika haid seringkali mereda andai Anda mengatasi fenomena nyeri PMS lainnya. Nah, sejumlah langkah yang dapat Anda kerjakan untuk menghilangkan mual ketika haid, antara lain:

1. Hirup udara segar

Salah satu fenomena PMS ialah indra penciuman yang lebih sensitif dari biasanya. Nah kadang, wewangian berbau menyengat atau tajam dapat membuat perut mual.

Oleh sebab itu, usahakanlah buka jendela kamar lebar-lebar agar sirkulasi udara dalam ruangan jadi lebih lancar. Bisa juga dicatut dengan menyetel kipas angin untuk mengenyahkan bau tidak cukup sedap tersebut. Jika dirasa tidak cukup manjur, sekalian saja pergi sejenak ke luar ruangan dan hirup udara segar.

Anda juga dapat mencoba mencium minyak esensial, laksana minyak camomile, jahe, atau peppermint. Oleskan tidak banyak pada perut atau di dekat kulit bawah hidung.

2. Banyak minum air putih

Perasaan perut teraduk-aduk dapat membuat kita muntah. Akibatnya, cairan dalam tubuh bakal terbuang dan jadi berkurang. Supaya tubuh kita tetap terhidrasi dan bertenaga, perbanyak minum air putih.

Di samping itu, terdapat juga dapat menikmati minuman menyegarkan, seperti:

Wedang jahe atau teh jahe. Di samping menghangatkan tubuh, minuman jahe juga dapat mengatasi mual. Aromanya yang khas dan kuat dapat menyegarkan pernapasan dan pencernaan kita jadi lebih baik.

Teh peppermint. Rebusan air, teh, dengan senggenggam daun peppermint dapat jadi minuman yang sesuai untuk perut mual. Sensasi dingin saat diminum dapat melegakan pernapasan Anda.

3. Makan buah dan biskuit

Mual dan muntah dapat mengurangi sediaan nutrisi tubuh Anda. Selain tidak sedikit minum air, opsi makanan pun harus tepat. Hindari makanan berbau menyengat yang menciptakan perut mual.

Ada sejumlah makanan yang baik ketika perut mual, laksana apel, biskuit, kacang-kacangan, dan pisang. Supaya perut tidak penuh, makanlah dalam porsi kecil tetapi lebih sering. Ini menolong menjaga gula darah tetap stabil.

4. Minum obat atau suplemen

Jika kita sering merasakan mual ketika haid, tidak boleh sungkan guna konsultasi ke dokter. Apalagi andai perut mual dan fenomena haid lainnya paling mengganggu kegiatan Anda. Dokter akan menolong meringankan fenomena tersebut, contohnya meresepkan obat atau suplemen, seperti:

Antinyeri NSAID laksana ibuprofen atau naproxen

Vitamin B6 untuk meminimalisir mual yang tidak jarang diresepkan pada ibu hamil

5. Coba guna jalan santai

Aktivitas jasmani tertentu dipercayai dapat meringankan fenomena haid, tergolong perut mual. Tidak perlu mengerjakan olahraga berat yang menciptakan Anda tidak nyaman.

Cukup dengan jalan santai mengitari kompleks lokasi tinggal misalnya, dapat meminimalisir tekanan pada rahim yang sedang berkontraksi dan menyerahkan udara segar untuk paru-paru Anda.

Tips mengatasi perut mual saat haid