Tips Menghindari Infeksi Toksoplasma


Infeksi Toxoplasma merupakan salah satu jenis infeksi yang paling dihindari oleh para ibu hamil. Karena, infeksi toxoplasma dapat mendatangkan bahaya besar bagi bayi yang ada di dalam kandungan para ibu hamil. Umumnya, infeksi toxoplasma dapat hadir ketika Anda memiliki hewan peliharaan dan sering berinteraksi dengan hewan interaksi selama masa kehamilan Anda. Tapi, meskipun infeksi toxoplasma merupakan infeksi yang sangat berbahaya, jangan khawatir karena Anda dapat menghindari infeksi toxoplasma dengan melakukan beberapa hal berikut ini : 

Mencuci tangan 

Cuci tangan merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari penyebaran toxoplasma. Karena, ketika Anda berinteraksi secara langsung dengan hewan yang berpotensi terinfeksi diperlukan langkah cepat agar penyebaran tidak terjadi. Cucilah tangan Anda setelah dan sebelum memegang hewan tersebut agar penyebaran infeksi dapat dicegah dan Anda pun terhindar dari risiko infeksi toxoplasma. 

Mencuci bahan makanan dan peralatan masak 

Selain tangan, cuci jugalah bahan makanan yang akan dimasak serta peralatan memasak yang akan digunakan untuk memasak. Mencuci keduanya dapat membantu mencegah penyebaran infeksi toxoplasma dari makanan yang Anda konsumsi. Sehingga, bayi yang ada di dalam kandungan pun dapat terhindar dari infeksi tersebut. 

Hindari makanan mentah 

Bukan hanya bahan makanan yang perlu dicuci, Anda juga perlu mencegah makanan mentah. Makanan yang mentah memiliki potensi penyebaran bakteri yang lebih besar hingga akhirnya berpotensi menjadi infeksi toxoplasma. Sehingga, Anda perlu mengonsumsi makanan yang telah dimasak terlebih dahulu agar dapat mencegah penyebaran bakteri toxoplasma. 

Menjaga kebersihan 

Terakhir namun yang tidak kalah penting adalah menjaga kebersihan. Apabila Anda memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, maka sebaiknya selalu bersihkan tempat kotoran hewan peliharaan Anda. Karena kotoran dari hewan peliharaan memiliki kontribusi besar untuk menyebarkan infeksi toxoplasma. Jadi, jagalah kebersihan agar dapat melindungi bayi yang ada di kandungan Anda dari bahaya infeksi toxoplasma. 

Itulah beragam tips untuk menghindari infeksi toxoplasma dan melindungi bayi yang ada di dalam kandungan Anda. Cari tahu informasi lainnya seputar kehamilan dan merawat anak dengan cara login nutriclub. Semoga bermanfaat. 

Tips Menghindari Infeksi Toksoplasma