Hidung Saya Berkeringat Terus, Kenapa ya?


Mungkin kita pernah melihat, atau bahkan merasakan sendiri hidung kita berkeringat. Jika dicermati lebih seksama, tidak seluruh orang merasakan hidung berkeringat laksana ini meskipun tubuh sedang “banjir” keringat. Lantas, mengapa hidung sejumlah orang mudah sekali berkeringat?

Ternyata, ini penyebab hidung berkeringat

Keringat sebetulnya adalahproses alamiah tubuh karena sejumlah hal, laksana cuaca panas, olahraga, penyakit, stres, kondisi yang menciptakan gugup, dan beda sebagainya. Sebenarnya, hidung berkeringat bukanlah sebuah hal yang mesti dikhawatirkan, sebab toh keringat dapat keluar di unsur tubuh mana saja.

Jumlah dan letak keringat yang diproduksi pada tubuh masing-masing orang tidak tidak jarang kali sama. Ambil contoh, terdapat orang yang dapat mengeluarkan keringat dalam jumlah normal, atau bahkan tidak berkeringat sama sekali.

Ada pula orang dengan keringat yang mengalir turun lebih tidak sedikit daripada orang lain, meskipun sedang berada dalam kondisi dan cuaca yang sama. Ya, terkadang jumlah keringat yang didapatkan tubuh sejumlah orang barangkali tampak tidak biasa, bahkan melebihi jumlah keringat normal pada umumnya.

Hal ini seringkali terjadi walau Anda tidak sedang sedang di cuaca panas, atau usai melakukan kegiatan fisik berat. Dalam dunia medis, situasi seperti ini dinamakan sebagai hiperhidrosis, yang menciptakan keringat mengucur deras pada tubuh tanpa dalil yang jelas.

Hiperhidrosis dapat terjadi di unsur tubuh mana pun, tergolong hidung. Jika ini yang kita alami, sejumlah hal sebagai berikut bisa jadi penyebab hidung berkeringat:

1. Hiperhidrosis primer

Sebagian besar permasalahan hiperhidrosis tidak diketahui dengan jelas penyebabnya, dikenal sebagai hiperdrosis primer. Hiperhidrosis primer seringkali mulai terjadi di umur anak-anak, dengan letak buatan keringat berlebih di unsur wajah, kepala, ketiak, tangan, dan kaki.

2. Hiperhidrosis sekunder

Berbeda dengan hiperhidrosis primer, hiperhidrosis sekunder ialah keringat berlebih pada semua tubuh yang diakibatkan oleh efek samping obat dan situasi medis tertentu.

Misalnya penyakit jantung, paru-paru, kanker, obesitas, kehancuran kelenjar adrenal, keunggulan hormon tiroid (hipertiroidisme), menopause, diabetes, sampai terlalu tidak sedikit konsumsi obat antidepresan. Hiperhidrosis jenis ini lebih sering dirasakan oleh orang dewasa.

Jadi, apakah hidung berkeringat ini normal?

Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, keringat berukuran kecil yang seringkali muncul di hidung adalahhal yang wajar. Hanya saja, andai ternyata Anda gampang sekali berkeringat, bahkan keringat pada tubuh selalu hadir dalam jumlah yang berlebih, barangkali ini tanda Anda merasakan hiperhidrosis.

Segera konsultasikan lebih lanjut dengan dokter untuk memahami penyebab tentu dan penanganan dari situasi yang kita alami.

Hidung Saya Berkeringat Terus, Kenapa ya?