Tips Membuat Kue Kering Coklat yang Enak dan Renyah


Kue kering coklat adalah salah satu jenis kue kering yang sangat populer. Biasanya kue ini disajikan sebagai salah satu pilihan kue kering saat hari raya. Namun, pada hari-hari biasa juga banyak yang suka makan kue kering rasa coklat. Kue ini juga menjadi favorit bagi anak-anak karena rasanya yang enak dan karena memang coklat adalah salah satu makanan kesukaan anak-anak. 

Banyak sekali produk kue kering rasa coklat yang beredar di pasaran. Namun, biasanya ibu-ibu lebih memilih membuat kue kering sendiri di rumah. Alasannya agar lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi anak-anak. Selain itu, jika dibuat sendiri, kue kering yang dihasilkan juga bisa disesuaikan dengan selera. 

Membuat kue kering rasa coklat bisa dibilang susah-susah gampang. Banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari rasa hingga tekstur dari kue tersebut. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat kue kering rasa coklat yang tidak hanya enak namun juga memiliki tekstur kue yang renyah. 

Tips Membuat Kue Kering Coklat 

Ada trik-trik khusus yang bisa anda terapkan ketika akan membuat kue kering rasa coklat agar rasanya enak dan teksturnya renyah. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda praktikkan untuk membuat kue kering coklat yang enak dan renyah : 

1. Pemilihan Bahan 

Untuk menghasilkan kue kering rasa coklat yang enak anda harus menggunakan baha-bahan yang tentunya berkualitas. Jangan pelit menggunakan bahan agar rasa kue kering yang anda buat semakin mantap. Kemudian, gunakan komposisi bahan yang tepat sesuai dengan resep yang anda jadikan panduan. 

2. Tidak mengocok Mentega Terlalu Lama 

Ketika anda mengocok mentega atau margarin, pastikan anda tidak mengocoknya terlalu lama. Terlalu lama mengocok bisa membuat kue kering akan menjadi melebar saat dipanggang. Namun, sesuaikan dengan resep yang anda ikuti jika memang dianjurkan untuk dikocok sampai lembut maka kocok sampai lembut. 

3. Putar Arah Loyang saat Memanggang

Ketika memanggang kue, pastikan anda memutar arah loyang. Hal ini dilakukan agar panas yang diperoleh setiap adonan bisa merata. Selain itu gunakan loyang yang datar dan tinggi maksimumnya 2 cm agar panas bisa merata ke semua adonan kue. Untuk suhunya, gunakan suhu antara 160 hingga 170 derajat celsius. 

Pastikan waktu pemanggangannya tepat. Jika kue dipanggang terlalu lama maka kue akan hangus dan teksturnya keras. Namun jika pemanggangan terlalu singkat maka kue akan menjadi lembek dan tidak bisa tahan lama disimpan di dalam toples. 

4. Topping Buah Kering 

Jika anda menggunakan buah kering sebagai topping maka pastikan kadar gulanya sudah banyak berkurang. Cara memastikan kadar gula dalam buah kering berkurang adalah dengan mencucinya terlebih dahulu. Jika kadar gulanya masih tinggi maka bisa membuat kue kering menjadi cepat hangus padahal teksturnya belum renyah. 

5. Pengolesan Kuning Telur 

Jika anda menggunakan kuning telur sebagai olesan maka lakukan pengolesan jika kue sudah setengah matang. Lalu jika anda ingin menggunakan coklat leleh atau butter cream sebagai topping maka anda bisa melakukan pengolesan sesaat sebelum kue disajikan supaya tidak menjadi lembab dan berakibat kue menjadi tidak renyah. 

Itulah tadi beberapa tips memasak kue kering coklat agar rasanya enak dan teksturnya renyah. Jangan lupa, setelah selesai dipanggang langsung keluarkan loyang agar panasnya menguap kemudian simpan kue kering di toples yang tertutup rapat untuk menjaga kerenyahannya. Selama mencoba!

Tips Membuat Kue Kering Coklat yang Enak dan Renyah