Manfaat Mengejutkan Andaliman, Bumbu Masak Khas Orang Batak


Andaliman atau yang dikenal pun sebagai merica batak ialah salah satu bumbu masak wajib guna orang Batak. Tak melulu di Indonesia, andaliman pun sangat umum dipakai sebagai bumbu rempah masakan India, Cina, Tibet, Nepal, dan Thailand. Di luar negeri, andaliman lebih akrab dinamakan Sichuan pepper. Nah, sama laksana rempah lainnya, merica Batak ternyata menyimpan segudang guna untuk kesehatan tubuh Anda. Yuk, cari tahu apa saja guna andaliman di tulisan ini.

Apa saja guna andaliman guna kesehatan?

Andaliman yang punya nama ilmiah Zanthoxylum acanthopodium diperkaya oleh tidak sedikit vitamin dan mineral, laksana vitamin A, zat besi, mangan, kalium, zinc, dan fosfor. Di samping itu, andaliman pun berisi sejumlah antioksidan, laksana pitosterol, terpene, dan karoten.

Semua nutrisi urgen tersebut memberikan guna yang baik guna kesehatan Anda. Berikut sejumlah manfaat andaliman.

Meredakan nyeri

Seperti jenis merica lainnya, andaliman juga mempunyai sifat analgesik yang beraksi untuk menghilangkan rasa sakit.

Menambah darah

Kadar zat besi yang lumayan tinggi dalam Andaliman menolong membentuk hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke organ-organ dan jaringan. Pada akhirnya, ini pun akan memperlancar peredaran darah.

Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat andaliman lainnya ialah dapat menambah kekebalan tubuh berkat kadar zinc-nya yang tinggi.

Ketika kita tidak menemukan zinc dalam jumlah yang lumayan dari makanan, kekebalan tubuh Anda bakal turun. Pasalnya, zinc ialah mineral urgen yang menggiatkan sel T, sel yang bermanfaat mengendalikan respon imun guna menyerang penyebab penyakit dikutip dalam laman Medical News Today. Itu mengapa bila kekurangan zinc Anda dapat sangat gampang terserang infeksi dan sembuhnya lumayan lama.

Memperkuat tulang

Ada sejumlah mineral urgen yang ditemukan dalam jumlah kecil dalam andaliman. Beberapa di antaranya ialah fosfor, mangan, tembaga, dan zat besi. Semua ini dibutuhkan untuk membina tulang yang powerful dan menangkal gangguan tulang yang sehubungan dengan usia, laksana osteoporosis.

Kepadatan mineral tulang dalam tubuh bakal menurun seiring dengan bertambahnya umur Anda. Karena tersebut penting untuk meningkatkan asupan mineral penting, yang dapat Anda dapatkan dari merica batak.

Meredakan peradangan

Berbagai antioksidan dan asam organik dalam merica batak, tergolong pitosterol dan terpena, mempunyai efek antiradang dalam tubuh. Peradangan ialah hasil dari stres oksidatif, yang diakibatkan oleh kegiatan radikal bebas dalam tubuh.

Senyawa yang ditemukan dalam merica batak bisa menetralisir radikal bebas, sampai-sampai menghentikan peradangan. Tak heran andai andaliman sering dipakai sebagai obat herbal guna radang sendi dan asam urat.

Mencegah penyakit kronis

Kanker dan penyakit kronis lainnya dapat diakibatkan oleh jumlah radikal bebas yang berlebihan yang mengakibatkan sel-sel sehat bermutasi. Antioksidan yang ditemukan dalam merica batak dapat membantu menurunkan risiko masalah kesehatan dari penyampaian stres oksidatif yang terlampau tinggi dalam tubuh.

Stres oksidatif ialah dalang dari sekian banyak  penyakit kronis Mulai dari radang sendi, penyakit jantung, aterosklerosis, stroke, hipertensi, tukak lambung, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, kanker, sampai mengakibatkan penuaan.

Manfaat Mengejutkan Andaliman, Bumbu Masak Khas Orang Batak