Stop Kentut yang Bau Busuk Dengan 7 Trik Ini

Kentut merupakan teknik alami tubuh untuk melemparkan limbah tubuh yang berupa gas. Berdasarkan keterangan dari American College of Gastroenterology, rata-rata insan mengalami kentut sejumlah 10 sampai 20 kali dalam sehari. Namun, tidak seluruh kentut mempunyai suara dan berbau busuk. Banyak hal yang mengakibatkan kentut bau busuk, salah satunya yang sangat umum merupakan makanan. Mengeluarkan kentut yang berbau tidak sedap pasti akan paling menganggu. Aromanya yang menusuk hidung dapat membuat kita atau orang di dekat merasa tidak nyaman. Bagi itu, tulisan ini bakal membahas sekian banyak  cara menanggulangi dan menangkal kentut yang berbau busuk.

Penyebab kentut bau busuk

Sebelum menggali tahu bagaimana teknik mencegah kentut bau busuk, Anda butuh tahu sekian banyak  penyebab gas yang kita buang berbau tidak sedap. Kentut yang berbau busuk diakibatkan oleh sekian banyak  hal berikut.

  • Intoleransi makanan. Kondisi ini mengakibatkan tubuh tidak dapat memecah makanan itu yang akhirnya menciptakan makanan mengendap di dalam perut dan difermentasikan oleh bakteri yang sedang di usus. Akibatnya, gas yang berbau juga terbentuk di dalam perut sebelum akhirnya dicungkil ke luar. Beberapa orang merasakan intoleransi laktosa dan gluten (protein yang seringkali terkandung dalam gandum).
  • Makanan kaya serat. Kelompok makanan beserat tinggi menghasilkan kentut bau busuk sebab tiga hal. Pertama, makanan tinggi serat lebih lambat dipahami sehingga proses fermentasinya lumayan lama dan kesudahannya menghasilkan gas yang berbau. Kedua yakni bau alami dari makanan tersebut sendiri. Yang terakhir, kandungan sulfur pada sejumlah jenis makanan dapat menghasilkan gas yang berbau tidak sedap.
  • Sembelit. Saat feses menumpuk di usus besar dan tidak pun dikeluarkan, bakteri penyebab bau bakal terus berkembang biak sampai-sampai gas yang dikeluarkan juga berbau busuk.
  • Bakteri dan infeksi di drainase pencernaan. Bakteri penyebab infeksi yang menyerang usus dan drainase pencernaan dapat menyebabkan volume gas di dalam perut menjadi lebih tinggi dan berbau tajam.
  • Kanker usus besar. Polip atau tumor yang terbentuk di drainase pencernaan dapat menyebabkan penyumbatan usus yang berdampak pada penumpukan gas di perut.
  • Obat-obatan tertentu. Jenis obat tertentu, salah satunya antibioitik, mengakibatkan ketidakseimbangan dalam drainase pencernaan karena dapat membunuh beberapa bakteri baik. 

Mengatasi kentut yang berbau tidak sedap

Untuk menanggulangi dan meminimalisir kentut yang berbau, kenali penyebab bau kentut yang kita alami menurut sekian banyak  penyebab yang sudah dipaparkan. Setelah itu, atasi dengan mengolah pola santap atau cek ke dokter andai kondisi ini diakibatkan oleh penyakit tertentu.

Anda pun perlu menanyakan pada dokter apakah obat-obatan yang sedang dikonsumsi mengakibatkan gas berbau busuk. Jika kita merasa mempunyai intoleransi terhadap makanan tertentu, hindari santap tersebut. Kemudian lihat perubahannya, apakah gas yang kita keluarkan masih tetap berbau atau tidak.

Di samping itu, jajaki pertimbangkan guna mengonsumsi obat yang dapat memecah gelembung dalam gas dan menghilangkan perut kembung yang dipasarkan bebas di pasaran laksana simetikon, arang aktif, dan beano.

Anda dapat menemui dokter bila:
  • Mengalami fenomena lain di samping kentut yang berbau busuk
  • Obat untuk menanggulangi bau gas tidak dominan apa-apa.
  • Perubahan pola santap tidak mempan menanggulangi kentut yang bau.

Jika Anda merasakan hal ini, gas yang berbau tak sedap ini kemungkinan diakibatkan oleh infeksi dan masalah kesehatan tertentu yang memerlukan perawatan lanjutan.

Cara menangkal kentut supaya tidak berbau busuk

Berikut ialah cara-cara yang dapat dilakukan untuk menangkal kentut bau busuk. Simak baik-baik, ya.
  • Makan sedikit-sedikit untuk menciptakan pencernaan tetap dalam suasana sehat.
  • Menghindari atau meminimalisir makanan pemicu, yaitu makanan yang tidak dapat dicerna tubuh Anda.
  • Menghindari makanan yang berbau alami laksana bawang-bawangan serta kembang kol.
  • Makan pelan-pelan supaya tidak terlalu tidak sedikit gas yang masuk ke dalam perut.
  • Minum air yang tidak sedikit untuk menerbitkan zat saldo dan gas dalam tubuh.
  • Menghindari minuman bersoda yang dapat menghasilkan tidak sedikit gas perut.
  • Makan yoghurt dan makanan lainnya yang berisi probiotik untuk menolong memulihkan bakteri baik di dalam usus sehingga dapat memperbaiki pencernaan Anda.

Jika sekian banyak  cara sudah Anda kerjakan untuk menangkal bau busuk datang kembali tetapi tetap tidak terdapat perubahan, maka konsultasikan ke dokter guna mendapatkan keterangan medis yang lebih akurat tentang situasi Anda ketika ini.

Stop Kentut yang Bau Busuk Dengan 7 Trik Ini