Minyak Esensial Terbaik guna Rambut Indah, Sehat, dan Berkilau

Rambut ialah mahkota kepala. Itu sebabnya penting untuk Anda untuk tidak jarang kali merawatnya. Salah satu teknik merawat rambut ialah dengan mengoleskan minyak esensial alami dari pangkal sampai ke ujung rambut. Berikut ialah beberapa opsi minyak esensial terbaik guna merawat rambut.

Cara mengasuh rambut supaya senantiasa sehat dan berkilau dengan minyak esensial

1. Minyak peppermint

Sensasi dingin dari minyak peppermint dapat memicu pertumbuhan rambut dan kekuatan masing-masing helainya. Minyak peppermint pun mempunyai sifat antiseptik yang dapat membersihkan kulit kepala.

Hal ini diperlihatkan oleh sebuah riset terbitan Toxicological Research yang mengejar bahwa minyak peppermint menambah jumlah folikel rambut dan mempercepat perkembangan rambut tikus dalam empat minggu.

Sebelum mengoleskan minyak peppermint ke rambut, campurkan dulu dengan tidak banyak minyak pelarut laksana minyak zaitun atau minyak kelapa. Kemudian pijat merata di kulit kepala secara perlahan, dan diamkan sekitar 5 menit. Bilas dengan air bersih dan lanjutkan dengan shampoo serta kondisioner.

2. Minyak lavender

Sebuah riset di tahun 2016 mengaku bahwa minyak lavender dapat meningkatkan jumlah folikel rambut sehingga perkembangan rambut menjadi lebih cepat. Tidak melulu itu, minyak esensial ini pun dikenal sebab khasiatnya dalam meningkatkan kedalaman folikel rambut yang dapat menguatkan helai rambut. Minyak lavender pun terbukti dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala.

Tak susah untuk menggunakannya. Anda melulu perlu mencampurkan sejumlah tetes minyak lavender ke dalam tiga sendok santap minyak pelarut, laksana minyak zaitun atau minyak kelapa. Setelah itu, balurkan merata ke semua kulit kepala kita dan biarkan sekitar 10 menit sampai minyak meresap sempurna. Bersihkan dengan keramas laksana biasa.

3. Minyak rosemary

Jika Anda hendak meningkatkan perkembangan dan ketebalan rambut, maka minyak rosemary adalahsalah satu opsi terbaik. Minyak lavender menolong memperbaiki regenerasi sel yang akan memicu pertumbuhan rambut.

Sebuah riset yang dilaksanakan oleh International Academy of Cosmetic Dermatology mengindikasikan bahwa kemanjuran minyak rosemary sebagai teknik merawat rambut alami setara dengan minoxidil, obat yang tidak sedikit digunakan sebagai penumbuh rambut.

Cara pemakaian minyak rosemary tidak jauh bertolak belakang dengan minyak lavender. Campurkan 3-5 tetes minyak ini dengan 3 sdm minyak zaitun, kemudian pijat lembut di semua kulit kepala Anda sekitar dua menit. Diamkan sekitar 10 menit hingga meresap dengan baik. Terakhir, cuci rambut Anda laksana biasa.

4. Minyak serai

Minyak serai tidak sedikit digunakan sebagai aromaterapi peningkat mood sebab aromanya yang segar. Namun ternyata minyak ini juga berfungsi untuk menangkal munculnya ketombe di kulit kepala, laksana yang diperlihatkan oleh studi tahun 2015.

Studi tersebut mengadukan bahwa mengoleskan minyak serai secara teratur pada rambut dan kulit kepala dapat membasmi ketombe melulu dalam 7 hari.

Untuk memaksimalkan manfaatnya, Anda dapat menambahkan sejumlah tetes minyak serai ke dalam shampo atau kondisioner Anda. Kemudian pijat kulit kepala dengan lembut ketika keramas.

5. Minyak pohon teh (tea tree oil)

Tea tree oil ialah salah satu obat jerawat yang ampuh berkat kandungan antiseptiknya. Kandungan yang sama ternyata juga berfungsi sebagai teknik merawat rambut dan menebalkan rambut.

Bahkan, suatu studi di tahun 2013 mengejar hasil bahwa gabungan dari tea tree oil dan minoxidil lebih efektik untuk menambah pertumbuhan rambut daripada melulu menggunakan minoxidil saja.

Cara pemakaian tea tree oil tak jauh bertolak belakang dengan minyak lemongrass, yaitu dengan mencampurkan selama 10 tetes tea tree oil ke dalam botol shampo atau kondisioner kesayangan Anda. Bisa pun dengan mencampurkan 3 tetes tea tree oil dengan 2 sendok santap minyak pelarut.

Hati-hati risiko alergi atau iritasi
Meski minyak esensial dapat dijadikan teknik merawat rambut yang baik, Anda butuh berhati-hati sebelum memulainya. Pastikan kulit kepala Anda sesuai dengan minyak yang kita pilih. Jika kulit kepala kita sensitif, pemakaian minyak esensial dapat memicu rekasi alergi atau bahkan iritasi.

Maka, kerjakan dulu uji jajaki dengan mengoleskan 1-2 tetes minyak ke kulit punggung tangan atau belakang telinga anda. Tunggu 24 jam dan lihat apakah terdapat perubahan. Jika kulit jadi terasa gatal dan memerah, hentikan pemakaiannya.

Minyak Esensial Terbaik guna Rambut Indah, Sehat, dan Berkilau