Cara Bayar BPJS Melalui ATM BRI dan Keuntungannya

Pentingnya sebuah asuransi kesehatan bagi setiap warga negara pastinya membuat banyak kalangan ingin mendaftarnya. Indonesia sudah memiliki sistem asuransi bagi setiap warganya dengan nama BPJS Kesehatan. Terdapat tiga tingkat kelas yang mana memberikan biaya berbeda sehingga penggunanya harus membayar sesuai ketentuan waktu. Dalam proses bayar BPJS Kesehatan kini bisa dilakukan melalui online atau offline. Namun sekarang banyak peserta melakukan pembayaran dengan memakai fasilitas ATM.

Cara Bayar BPJS Melalui ATM BRI

Membayar BPJS Kesehatan menggunakan fasilitas online ataupun offline masih bisa memberi kemudahan kepada pesertanya. Namun kini proses bayar BPJS Kesehatan dapat dilakukan memakai ATM dan salah satu Bank yang paling banyak digunakan adalah BRI. Maka dari itu bagi nasabah BRI yang memiliki askes BPJS bisa melakukan pembayaran dengan mengandalkan cara-cara berikut ini:

  • Langkah Pertama

Pada langkah pertama masukkan kartu ATM Anda kmeudian pilihlah Bahasa lalu ketik nomor PIN ATM. Perlu diketahui dalam proses pembayaran premi BPJS Kesehatan melalui ATM BRI membutuhkan koneksi internet sehingga pastikan dahulu mesin ATM terkoneksi internet.

  • Langkah Kedua

Proses selanjutnya pilihlah opsi Transaksi Tunai atau bisa juga Paket Tunai di dalam menu. Jika sudah memilih Transaksi Tunai cobalah pilih opsi Pembayaran.Jika sudah memilih opsi Pembayaran maka muncul opsi Lainnya dan cari menu BPJS, jika belum menemukan menu BPJS carilah terus hingga ketemu.

  • Langkah Ketiga

Jika Anda sudah menemukan opsi BPJS, maka proses bayar BPJS sudah bisa dilakukan dengan memilih opsi BPJS Kesehatan. Jika sudah memilh cobalah masukkan nomor BPJS Anda. Sekali lagi dalam proses pemasukan nomor BPJS jangan sampai salah memasukkan nomor karena akan memberi dampak kegagalan proses atau Anda harus mengulanginya dari awal lagi. Tunggulah sampai mesin ATM menganalisa hingga memunculkan total biaya dan nama peserta.

  • Langkah Keempat

Masukkan nama nominal yang akan dibayarkan sesuai dengankelas Anda. Jika sudah maka proses pembayaran akan dilakukan mesin ATM secara online dan ambillah bukti pembayaran sebaga tanda bahwa ANda sudah membayar iuran premi tepat waktu.

Selain melihat proses bayar BPJS menggunakan mesin ATM, sebaiknya Anda melihat beberapa keuntungannya, seperti dalam ulasan berikut ini.

  • Menghemat Waktu

Ada keuntungan ketika Anda memanfaatkan mesin ATM sebagai langkah membayar iuran premi BPJS Kesehatan. Sudah terbukti bahwa dari pembayaran BPJS memakai mesin ATM mampu menghemat waktu sehingga sangat cocok digunakan untuk kalangan yang masih sibuk bekerja ataupun tidak memiliki waktu luang.

  • Prosesnya Sederhana

Sudah jelas terlihat dimana saat Anda memanfaatkan mesin ATM sebagai sarana bayar BPJS maka dari semua prosesnya akan terlihat sederhana. Selama ini banyak keluhan terjadi karena proses pembayaran BPJS terlihat berbelit-belit sehingga dengan adanya pembayaran melalui ATM ini bisa memangkas waktu lebih cepat.

  • Tingkat Kesuksesan Tinggi

Biasanya dari penggunaan mesn ATM dalam proses pembayaran BPJS Kesehatan akan memperlihatkan tingkat kesuksesan lebih tinggi dibandingkan cara manual, maka dari itu pembayaran via ATM kini semakin disukai.

Bagi peserta BPJS Kesehatan perlu memperhatikan tanggal berapa untuk bayar BPJS secara tepat waktu. Jangan sampai Anda terlambat karena jumlah total nominal yang harus dibayarkan bisa lebih besar karena langsung diakumulasi dengan iuran premi. Tidak hanya itu, ketika Anda telat membayar maka askes kesehatan juga akan nonkatif sehingga tidak dapat dipergunakan. Jadi lihatlah dari sisi prakitsnya karena sekarang banyak peserta BPJS menggunakan fasilitas ATM dalam metode pembayaran.

Cara Bayar BPJS Melalui ATM BRI dan Keuntungannya