Pola Makan Sehat VS Olahraga Rutin, Mana yang Lebih Penting guna Diabetesi?

Diabetes memang tidak dapat disembuhkan, tapi bisa dikendalikan dengan teknik mengganti gaya hidup. Banyak urusan yang mesti diolah jika Anda hendak diabetes terkendali dengan baik, dari mulai kelaziman olahraga sampai pola makan. Banyak yang bilang kombinasi keduanya lumayan untuk menangkal lonjakan kadar gula darah. Namun sebenarnya, mana yang lebih penting, sih, apakah olahraga teratur atau pola santap untuk diabetes? Mana yang mesti diutamakan?

Seberapa penting merealisasikan pola santap untuk diabetes?

Berat badan dan diabetes nampaknya mempunyai hubungan yang lumayan erat. Pasalnya, seseorang yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk merasakan diabetes daripada orang dengan berat badan normal.

Diabetes barangkali sulit guna disembuhkan secara total, namun tentunya penyakit ini masih dapat dikendalikan. Salah satunya dengan merealisasikan pola santap sehat agar berat badan tetap ideal. Dilansir dari laman Mayo Clinic, diabetesi mesti benar-benar patuh dengan diet yang ia jalani, sebab akan paling memengaruhi situasi kesehatannya.

Pasalnya, bila penderita diabetes tidak mematuhi aturan santap sehat, laksana tetap santap sumber kalori dan lemak yang berlebih, maka kadar glukosa dalam darah bakal meningkat. Jika ini terjadi, dapat mengakibatkan masalah yang serius, yaitu gula darah tinggi (hiperglikemia) serta hadir komplikasi pada saraf, ginjal, dan jantung.

Untuk mengawal kadar gula darah tetap dalam kisaran yang aman, penderita diabetes disarankan untuk selalu mengawal pola santap yang sehat dan seimbang. Misalnya dengan teknik makan dengan ukuran porsi yang cocok dengan kebutuhan, punya jadwal santap yang teratur, serta memilih-milih seluruh jenis makanan yang bakal dikonsumsi.

Penting guna diingat, bahwa aturan ini tidak melulu berlaku untuk penderita diabetes dengan berat badan berlebih saja. Seseorang yang mempunyai berat badan normal, namun merasakan diabetes pun usahakan merealisasikan pola santap seimbang ini.

Lalu, seberapa urgen olahraga rutin untuk penderita diabetes?

Olahraga telah jadi keperluan jika hendak mempunyai tubuh sehat, pasti ini pun berlaku untuk semua diabetesi. Rupanya bukan tanpa dalil kalau banyak berpengalaman kesehatan yang menganjurkan penderita diabetes guna rutin berolahraga. Sebab, olahraga diandalkan  mampu menangkal diabetes berkembang semakin parah sekaligus menangkal munculnya penyakit komplikasi yang bisa berdampak fatal.

Bagaimana bisa? Berdasarkan keterangan dari Sheri Colberg-Ochs, PhD, pendiri Diabetes Motion Academy, di California, sekaligus profesor ilmu keolahragaan di Virginia, menuliskan bahwa ketika Anda berolahraga maka sel-sel tubuh menambah kerja hormon insulin di dalam tubuh, yang berperan dalam mengawal kadar gula darah tetap seimbang.

Di samping itu, dengan berolahraga secara tertata juga dapat membantu kita untuk mengawal berat badan dalam rentang normal. Dr. Colberg-Ochs merekomendasikan penderita diabetes untuk mengerjakan latihan jasmani paling tidak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Bila kita belum terbiasa guna rutin berolahraga, tidak butuh khawatir. Anda dapat memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu sebelum mengawali melakukan kegiatan fisik secara rutin, dan setelah tersebut mulailah secara perlahan berangkat dari intensitas yang ringan. Seiring berjalannya waktu, intensitas pelajaran Anda bakal berangsur-angsur meningkat.

Lalu, mana yang lebih urgen untuk dilaksanakan jika mempunyai diabetes?

Pada intinya, olahraga maupun pola santap untuk diabetes ialah dua urusan yang mesti dilaksanakan dan sangat urgen untuk mengendalikan penyakit diabetes. Menerapkan pola santap seimbang yang diiringi dengan berolahraga secara teratur ialah komponen kunci dan strategi keberhasilan dalam pengelolaan diabetes.

Sebuah penelitian mengindikasikan bahwa kombinasi dari olahraga dan pola santap yang sehat, dapat meringankan fenomena diabetes sekaligus menurunkan risikonya bahkan pada orang yang berisiko tinggi terjadi penyakit diabetes.

Hal yang perlu guna diperhatikan ialah bahwa olahraga dan pola santap untuk diabetes mesti berlangsung bersamaan. Ambil contoh, andai Anda teratur berolahraga sekaligus menganut pola santap teratur, dengan santap makanan kaya nutrisi dan rendah lemak. Maka bakal mempermudah menjaga berat badan ideal.

Namun sebaliknya, andai Anda melulu makan makanan yang sehat saja, tanpa diiringi dengan olahraga. Ataupun melulu melakukan olahraga teratur saja, tanpa dibarengi dengan santap sumber makanan yang disarankan untuk diabetes, maka kita tidak bakal mendapatkan hasil kesehatan yang optimal.

Dilansir dari Journal of Education and Health Promotion, penderita diabetes memang usahakan mengombinasikan kegiatan fisik, pola santap teratur, serta teratur minum obat. Dimana ketiga urusan ini adalahkunci untuk menyeimbangkan kadar insulin dan glukosa dalam tubuh.

Pola Makan Sehat VS Olahraga Rutin, Mana yang Lebih Penting guna Diabetesi?