Tips Food Photography Pakai Kamera Ponsel


mu suka food photography? Tapi tidak punya kamera DSLR? Tidak masalah,anda tetap dapat melakukannya dengan kamera ponsel. Ingin tahu bagaimanateknik memotret makanan dengan baik dan benar? Intip tips berikut.

Tips kali ini datang dari workshop 'Good Food, Good Shot' yangdiselenggarakan oleh Polytron Smartphone melewati Polytron Community ID. Workshop ini bekerjasama dengan food blogger, Foodaffair, di Café Diskusi Kopi Ruang Berbagi, Jakarta.

Foodaffair menyerahkan sejumlah tips and trick buat anda yang suka memotret makanan supaya menghasilkan potret yang berbobot | berbobot | berkualitas hanya dengan kamera handphone.

1. Cahaya yang natural

Hal kesatu yang dapat kamu kerjakan dalam food photography ialah memperhatikan datangnya cahaya. Cahaya alami yang berasal dari sinar matahari, akan menyerahkan kesan lembut dan memang tidak dibuat-buat padapotret kamu. Usahakanlah memotret pada jam-jam emas. Yakni pada jam 8-10 pagi atau jam 4-5 sore, saat cahaya matahari berwarna keemasan. Ini akanmenyerahkan kesan hangat dan tidak banyak dramatis.

2. Temukan angle gambar yang tepat

Memotret makanan dapat dilakukan dari dua angle, yaitu eye level atau top angle. Eye level ialah memotret gambar dengan sejajar dengan mata. Sedangkan top angle ialah memotret dari atas. Pemilihan sudut pemungutan gambar bergantung pada pesan yang hendak kamu sampaikan.

3. Styling

Food photography paling erat hubungannya dengan styling. Meskipun subyek utamanya ialah makanan, namun hasilnya akan tidak cukup menarik bilapotret hanya memperlihatkan makanan di atas piring.

4. Shoot the fresh food

Ada sejumlah makanan yang tampilannya cepat berubah sesudah dihidangkan,contohnya es krim. Karena itu, Anda mesti segera memotret ketika makanan dalam situasi masih segar.

5. Jangan pakai zoom

Kamera ponsel ingin memperkecil obyek foto, jadi tidak jarang kali usahakan supaya anda memotret dari jarak yang lumayan sehingga borongan obyek dapat memenuhi frame tanpa mesti memakai zoom.

6. Rule of thirds

Area foto dipecah menjadi 9 kotak dengan 2 horizontal dan 2 vertikal,bakal ada 4 titik pertemuan garis tersebut. Objek utama ditaruh pada di antara titik tersebut. Aturan dimana 1/3 unsur dari frame dipakai untuk objek utama dan 2/3-nya dipakai untuk background.

7. Editing

Sebelum membagikan potret ke media sosial, Kamu dapat memolesnya dengansoftware ponsel. Baik tersebut untuk cropping, menata mood warna, dan sebagainya.

Tips Food Photography Pakai Kamera Ponsel